UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
UJIAN
MID SEMESTER GENAP 2015/2016 Mata Kuliah : Asesmen Pendidikan Dasar
Dosen Pengampu : Dr. ALI SUNARSO,
M.Pd.
Jenis
dan Sifat Soal : Esay terstruktur/ take home
Hari/ tanggal/waktu : Kamis,
27
Oktober 2016
Petunjuk soal :
1.
Jumlah materi soal 10 butir, terbagi 2 kategori. berbasis
konseptual teori. Kategori berbasis
aplikasi dan praktek.
2.
Setiap butir soal masing-masing butir berbobot score 10, bila
saudara dapat menjawab dengan tuntas dan
sempurna, bila ketahuan terdapat jawaban yang sama bentuk dan redaksi
kalimatnya (copy paste)dengan sesama peserta ujian, maka score 0.
3.
Kerjakan pada lembar kertas
HVS diketik. Diperbolehkan tidak urut nomor yang dikerjakan. Di sudut
kanan atas tulis nama, NIM, , Makul yang diujikan, dosen pengampu,
tanggal pelaksanaan ujian, tanda tangan, dan
prodi saudara.
Soal :
1.
Petakan dan analislah perbedaan ruang lingkup kajian dari istilah-
istilah berikut ini yang berkaitan dengan mata kuliah asesmen pendidikan dasar
berikut:
a.
Asesmen b. Evaluasi c. Tes
d. Pengukuran e. Pensekoran d. Asesesor
e. Auditor f. Fit and proper test.
2.
Setiap evaluasi sebuah
program kita mempertimbangkan INPUT-PROCESS-PRODUCT-
OUT PUT-OUTCOME.
a.
Apakah perbedaan antara keberhasilan proses belajar dan keberhasilaan
produk/hasil belajar?
b.
Jelaskan berikut dengan contohnya bagaimana kriteria menetapkan
tingkat keberhasilan proses belajar dan tingkat keberhasilan produk/hasil
belajar siswa?
3.
Telah kita pahami bahwa instrument non-tes (afektif/psikomotorik)
jarang dipertimbangkan atau digunakan dalam kegiatan evaluasi atau asesmen
pembelajaran padahal hal tersebut dapat digunakan sebagai solusi asesmen
alternative. Ada 9 jenis asesmen alternative versi McGraw-Hill
School Division (dalam Ibrahim, 2003)
yakni: 1. Asesmen kinerja (performance assessment), 2.
Observasi dan pertanyaan (observation and Questioning), 3. Presentasi
dan diskusi (Presentation and Discussion), 4. Proyek dan investigasi, 5.
Portofolio dan Jurnal, 6. Wawancara (interview) dan konferensi, 7. Evaluasi
diri oleh siswa, 8. Tes buatan siswa, dan 9. PR (Pekerjaan Rumah).
Berikanlah contoh operasional bentuk
aplikasi asesmen alternative-asesmen alternative untuk siswa SD kelas V berikut dengan cara
pengevaluasiannya, cukup 5 diantaranya.
4.
Jelaskan apa saja yang menjadi landasan filosofis dan
yuridis dalam Standar Penilaian Pendidikan !
5.
Sebutkan 8 langkah pengembangan tes hasil belajar, berikut dengan
contoh secukupnya !
6.
Pada suatu tes berjumlah 50
butir soal yang terdiri dari 3 tingkat domain kognitif diberi bobot skor sbb:
Pengetahuan (C1) berbobot 0,5, pemahaman (C2) berbobot 1, dan
aplikasi (C3) berbobot 1,5, seorang
siswa bernama Anto dapat menjawab benar 18 butir soal domain C1 dari 20 butir,
12 butir dari 15 butir soal domain C2, 9 butir soal domain C3 dari 15 butir.
Berapakah skor yang diperoleh Anto bila menggunakan metode pensekoran dengan
butir beda bobot? (Bobot= 25).
7.
Analisis kasus, Jika 3
butir soal yang hendak diteskan diujicoba terlebih dahulu, setelah dianalisis
diketahui tingkat kesukaran item soal
nomor 1 indek kesukarannya (P) 0,00 – 0.30 (sukar), daya pembeda item soal nomor 2
indek daya bedanya 0,00 – 0,20 (jelek), fungsi distraktornya pada item soal nomor 3 dipilih
siswa kurang dari 5%.
a.
Langkah-langkah apa saja yang harus saudara tempuh dalam merespon
kualitas ke 3 butir soal tersebut?
b.
Bila tetap digunakan untuk
menguji siswa, criteria siswa yang bagaimana yang cocok untuk tetap diujikan
pada soal 1, dan pada soal 3?
8.
Suatu perangkat tes matapelajaran IPA terdiri dari beberapa bentuk
soal sbb:
Nomor
|
Bentuk Soal
|
bobot
|
Jumlah item x bobot
|
1 s/d 40
|
Bentuk pilihan ganda model asosiasi
|
1
|
40
|
41 s/d 65
|
Bentuk pilihan ganda model melengkapi berganda
|
2
|
50
|
66 s/d 75
|
Bentuk uraian
|
5
|
50
|
Jumlah St =
|
140
|
Tentukan berapakah nilai Yono yang mendapat skor 70 apabila
menggunakan pendekatan PAP skala-100.
9.
a. Bolehkah seorang guru membuat laporan hasil belajar siswanya
dengan mengkombinasikan angka, kategori, dan narasi? Jelaskan dengan sekedar
contoh pada laporan hasil belajar seorang
siswa kelas III matapelajaran bahasa Indonesia.
10. Sebutkan langkah-langkah melaporkan hasil
asesmen dalam prakteknya pada setiap akhir semester atau akhir tahun ajaran !
SELAMAT MENGERJAKAN SEMOGA SUKSES !
0 komentar:
Posting Komentar