LAPORAN HASIL
OBSERVASI
PENGAMATAN TERHADAP KEGIATAN YANG
DILAKUKAN SISWA KELAS 3 DAN KELAS 5 PADA SAAT ISTIRAHAT
DI SD NEGERI 1 MERGASANA
Disusun untuk
Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan IPS SD
Dosen
Pengampu: Drs. Susilo, M. Pd.
Disusun Oleh:
Nama : Ulfah Nurul Wahdah
NIM : 1401414283
Rombel : 11
Presensi : 32
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya
kepada saya sehingga mampu menyelesaikan tugas mata kuliah Pendidikan IPS SD.
Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan terima kasih
kepada pihak-pihak yang telah membantu dan selalu memberi dukungan, mereka
adalah :
1.
Bapak Drs. Susilo, M. Pd., selaku dosen mata kuliah Pendidikan IPS
SD yang telah memberikan bimbingan serta arahan dalam
mengerjakan laporan ini.
2.
Kedua orang tua saya
yang telah memberikan dukungan baik secara moral maupun material sehingga saya
bisa menyelesaikan makalah ini.
3.
Teman-teman Rombel 11 yang
telah memberikan dukungan serta bantuan.
4.
Semua pihak yang telah
membantu dalam proses penyusunan laporan ini.
Saya sadar bahwa kesempurnaan hanyalah
milik Yang Maha Sempurna, tetapi usaha maksimal telah saya lakukan dalam penulisan
laporan ini. Kritik dan saran akan saya terima dengan tangan terbuka. Saya
berharap, semoga laporan ini memberikan
informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan
peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua. Serta
dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada
pembaca khususnya para mahasiswa Universitas Negeri Semarang.
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ........................................................................................... i
KATA PENGANTAR ........................................................................................ ii
DAFTAR ISI ...................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN .................................................................................. 1
A. Latar
Belakang Masalah ........................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah .................................................................................... 1
C. Tujuan
Penulisan ...................................................................................... 2
BAB II PELAKSANAAN DAN HASIL OBSERVASI .................................. 3
A. Pelaksanaan
Observasi..............................................................................
3
B. Hasil
Observasi.........................................................................................
3
BAB IV ANALISIS/PEMBAHASAN OBSERVASI ...................................... 4
A. Analisis
Kegiatan Siswa Kelas 3 ............................................................... 4
B. Analisis
Kegiatan Siswa Kelas 5 ............................................................... 6
BAB V PENUTUP ............................................................................................. 8
A. Simpulan
.................................................................................................. 8
B. Saran
........................................................................................................ 8
DAFTAR PUSTAKA ....................................................................................... 14
LAMPIRAN-LAMPIRAN ............................................................................... 10
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata
pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB.
IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang
berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat
materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS,
peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang
demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi
tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan
setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan
pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial
masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif,
dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam
kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik
akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang
berkaitan.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang permasalahan diatas, maka dirumuskan permasalahan sebagai
berikut:
1.
Apa sajakah kegiatan
yang dilakukan siswa kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N 1
Mergasana?
2.
Bagaimana
perbedaan-perbedaan kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 dan kelas 5 pada saat
istirahat di SD N 1 Mergasana?
3.
Bagaimana menganalisis salah satu
contoh kegiatan yang dilakukan siswa pada saat istirahat sesuai dengan Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar (KTSP) yang relevan dengan kegiatan tersebut?
C.
Tujuan Penulisan
Berdasarkan
rumusan masalah diatas, maka tujuan penyusunan laporan observasi ini adalah
sebagai berikut:
1.
Untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 dan kelas 5
pada saat istirahat di SD N 1 Mergasana.
2.
Untuk mengetahui perbedaan-perbedaan kegiatan yang dilakukan siswa
kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N 1 Mergasana.
3.
Untuk menganalisis salah satu contoh
kegiatan yang dilakukan siswa pada saat istirahat sesuai dengan Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar (KTSP) yang relevan dengan kegiatan tersebut.
4.
BAB II
PELAKSANAAN DAN HASIL OBSERVASI
A.
Pelaksanaan Observasi
Hari, tanggal : Sabtu,
26 Maret 2016
Waktu : 09.00
– 09.20 (waktu istirahat)
Nara Sumber : Siswa
kelas 3 dan kelas 5
Nama Sekolah : SD N 1 Mergasana
Alamat Sekolah : Jalan Raya Cucruk Desa Mergasana,
Kecamatan
Kertanegara, Kabupaten Purbalingga
B.
Hasil Observasi
Pengamatan atau observasi dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Maret 2016 pada
pukul 09.00-09.20 (waktu istirahat) di SD N 1 Mergasana. Pengamatan atau
observasi ini dilaksanakan di kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat. Adapun
tujuan dari observasi ini yaitu untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan siswa
kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N 1 Mergasana, serta kaitannya
dengan Standar Komptensi dan Kompetensi Dasar yang relevan dengan kegiatan tersebut.
Setelah jam istirahat berbunyi, para siswa berhamburan keluar untuk
melakukan kegiatan lain. Kegiatan yang dilakukan oleh para siswa sangat
beragam. Banyak siswa yang mulai jajan, sebagian ada yang bermain, dan tak
setikit juga ada yang belajar dan membaca buku di perpustakaan. Adapun kegiatan
yang dilakukan siswa kelas 3 saat istirahat meliputi: membeli jajan, bermain
sepeda, berdiskusi. Sedangkan kegiatan yang dilakukan siswa kelas 5 saat
istirahat meliputi: membeli jajan, bermain sepakbola, belajar, membaca, dan berdiskusi.
BAB III
ANALISIS/PEMBAHASAN OBSERVASI
A. Analisis Kegiatan Siswa Kelas 3
Berdasarkan data hasil observasi,
telah diketahui bahwa kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 pada saat istirahat
di SD N 1 Mergasana meliputi:
1.
Membeli jajan
Setelah jam
istirahat berbunyi, para siswa kelas 3 mulai berlarian keluar kelas. Banyak
dari mereka yang menuju keluar untuk membeli jajan. Adapun jajan yang mereka
beli seperti es, snack atau makanan ringan, siomay, gorengan, dan lain-lain.
Dalam hal ini ada beberapa siswa yang setelah membeli jajan, jajanan tersebut
langsung dimakan, tanpa duduk terlebih dahulu. Ada juga siswa yang memakan
jajannya didepan kelas.
Kegiatan
membeli jajan yang dilakukan siswa kelas 3 sesuai dengan Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar dalam pembelajaran IPS SD kelas 3 semester 2. Adapun Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang relevan dengan kegiatan tersebut yaitu:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2.
Memahami jenis pekerjaan dan
penggunaan uang
|
2.3 Memahami kegiatan jual beli di lingkungan
sekolah.
2.5 Mengenal penggunaan uang
sesuai dengan kebutuhan.
|
Berkaitan
dengan pembelajaran IPS SD, dengan melakukan kegiatan seperti jajan, maka siswa
dapat memahami kegiatan jual beli yang dilakukan di lingkungan sekolah. Selain
itu juga siswa dapat mengenal penggunaan uang sesuai kebutuhan, seperti saat
istirahat para siswa memenuhi kebutuhannya untuk jajan.
3. Berdiskusi
Saat jam
istirahat, ada beberapa siswa yang sedang membaca buku dan berdiskusi mengenai
buku yang sedang dibaca oleh mereka. Ada pula anak yang lain sedang bekerja
sama dengan anak yang lain. Kegiatan berdiskusi dan kerja sama ini sesuai
dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar di pembelajaran IPS SD.
Adapun Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang relevan dengan kegiatan tersebut yaitu:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan
sekolah.
|
1.4 Melakukan kerjasama di lingkungan sekolah.
|
Berkaitan dengan
pembelajaran IPS SD, dengan melakukan kegiatan berdiskusi maka siswa dapat
mengetahui apa itu kerjasama, apa manfaat dari kerjasama. Dengan melakukan
kegiatan tersebut maka dapat mendukung tercapainya standar kompetensi dan
kompetensi dasar.
4. Bermain Sepeda
Pada saat
istirahat ada pula siswa yang bermain sepeda. Dalam hal ini ada dua anak yang
bermain sepeda. Mereka bermain secara bergantian. Saat ada anak yang sedang
menjalankan sepeda, anak yang lain memberikan semangat dan dukungan agar anak
yang bermain sepeda dapat mengayuh sepedanya dengan lancar dan setelah itu
mereka bergantian.
Kegiatan kerja
sama ini sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar di pembelajaran
IPS SD. Adapun Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang relevan dengan
kegiatan tersebut yaitu:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan
sekolah.
|
1.4 Melakukan kerjasama di lingkungan sekolah.
|
Dengan
melakukan kegiatan kerjasama maka siswa dapat mengetahui apa itu kerjasama, apa
manfaat dari kerjasama. Dengan melakukan kegiatan tersebut maka standar
kompetensi dan kompetensi dasar dalam pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
B. Analisis Kegiatan Siswa Kelas 5
Berdasarkan data hasil observasi, telah diketahui bahwa kegiatan yang
dilakukan siswa kelas 3 pada saat istirahat di SD N 1 Mergasana meliputi:
1.
Membeli Jajan
Para siswa
kelas 5 setelah jam istirahat berbunyi, mereka mulai berhamburan keluar kelas.
Beberapa siswa yang menuju keluar untuk membeli jajan. Adapun jajan yang mereka
beli seperti es, siomay, gorengan, dan lain-lain. Dalam hal ini ada beberapa
siswa kelas 5 sudah mengenali aturan makan dengan baik, yaitu pada saat makan
mereka harus duduk.
Kegiatan
membeli jajan yang dilakukan siswa kelas 5 ini sesuai dengan Standar Kompetensi
dan Kompetensi Dasar dalam pembelajaran IPS SD kelas 5 semester 1. Adapun
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang relevan dengan kegiatan tersebut
yaitu:
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menghargai berbagai peninggalan
dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan
Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
|
1.5 Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan
ekonomi di Indonesia
|
Dalam
pembelajaran IPS SD, dengan melakukan kegiatan seperti membeli jajan, maka
siswa dapat mengenal dan memahami jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi yang
dilakukan di Indonesia. Dengan melakukan kegiatan tersebut maka standar
kompetensi dan kompetensi dasar dalam pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
2.
Bermain Sepakbola
Pada saat
istirahat ada empat siswa yang sedang bermain sepakbola. Mereka bermain dengan
sportif dan kerja sama yang baik. Dalam pembelajaran IPS SD kegiatan tersebut
tidak relevan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ada dalam
pembelajaran IPS SD. Namun, dengan bermain sepakbola, maka akan menumbuhkan
nilai kebersamaan, sportivitas, kerjasama, dan pantang menyerah.
3.
Membaca dan Berdiskusi
Saat jam istirahat, ada beberapa siswa yang sedang
membaca buku dan berdiskusi mengenai buku yang sedang dibaca oleh mereka di
perpustakaan. Meraka sedang berdiskusi mengenai materi tentang pembagian
wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan atlas dan globe. Kegiatan
berdiskusi dan kerja sama ini sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar di pembelajaran IPS SD kelas 5 semester 1.
Adapun Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang
relevan dengan kegiatan tersebut yaitu:
Standar Kometensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menghargai berbagai peninggalan
dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan
Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
|
1.3 Mengenal
keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia
dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
|
Dalam pembelajaran IPS SD, dengan melakukan kegiatan
berdiskusi mengenai materi tentang pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan
menggunakan atlas dan globe, maka siswa dapat menganal dan mengetahui
kenampakan alam dan buatan, serta pembagian wilayah waktu di Indonesiadengan
menggunakan atlas dan globe. Dengan melakukan kegiatan tersebut maka standar
kompetensi dan kompetensi dasar dapat tercapai dengan baik.
BAB V
PENUTUP
A.
Simpulan
1. Kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 pada saat
istirahat di SD N 1 Mergasana meliputi: membeli jajan, bermain sepeda,
berdiskusi. Sedangkan kegiatan yang dilakukan siswa kelas 5 di SD N 1 Mergasana
saat istirahat meliputi: membeli jajan, bermain sepakbola, belajar, membaca, dan
berdiskusi.
2. Perbedaan-perbedaan kegiatan yang dilakukan siswa
kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N 1 Mergasana yaitu pada saat
membeli jajan pada siswa kelas 3 sd langsung memakan jajannya, bahkan ada yang
sambil jalan., Sedangkan pada siswa kelas 5 mereka memakan jajannya dengan
duduk, entah itu duduk didepan kelas maupun duduk ditaman.
3. Menganalisis
salah satu contoh kegiatan yang dilakukan siswa pada saat istirahat sesuai
dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (KTSP) yang relevan dengan
kegiatan tersebut, misalnya membeli jajan. Kegiatan
tersebut sesuai dan relevan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
kelas 3 dan kelas 5. Untuk kelas 3 relevan dengan SK: 2. Memahami jenis
pekerjaan dan penggunaan uang, serta relevan dengan KD: 2.3 Memahami
kegiatan jual beli di lingkungan sekolah dan KD: 2.5 Mengenal penggunaan
uang sesuai dengan kebutuhan. Untuk kelas 5 relevan dengan SK: Menghargai
berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa
Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan
ekonomi di Indonesia, serta relevan dengan KD: 1.5 Mengenal jenis-jenis
usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.
B.
Saran
1.
Sebagai calon guru dengan melihat bagaimana
proses pembelajaran IPS di SD yang saat ini dapat dikatakan sedang dalam proses
mencapai hasil yang maksimal, hendaknya mempersiapkan diri untuk menjadi guru
yang profesional yang mampu mengajar dengan hati bukan hanya mengandalkan
kepintaran saja, tapi alangkah lebih tepatnya mengajar dengan hati yang tulus.
Untuk mencapainya maka perlu untuk menggeluti dunia pendidikan dengan serius
dan selalu mau untuk diajar dan mempunyai keinginan untuk mengubah diri kearah
yang lebih baik, karena masa depan bangsa terlebih siswa-siswa SD nantinya
menjadi tanggung jawab calon guru saat ini.
2.
Setiap pendidik agar
senantiasa melakukan personal–quality control untuk menjamin mutu
pengajaran dan pembelajaran sebagai bagian penting kewajiban seorang guru.
Penggunaan teori pembelajaran untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran
yang dilaksanakan di kelas harus melihat pada kondisi-kondisi tertentu, seperti
peserta didik, materi pembelajaran, dan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar
pembelajaran memberikan makna bagi perubahan perilaku peserta didik.
Pembelajaran yang bermakna adalah pembelajaran yang tidak hanya meningkatkan
kemapuan kognitif siswa, tetapi juga mampu mendorong perkembangan afektif dan
psikomotorik siswa.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
0 komentar:
Posting Komentar