Kamis, 09 Juni 2016

Laporan Hasil Observasi Pengamatan Terhadap Kegiatan yang Dilakukan Siswa Kelas 3 dan Kelas 5 pada Saat Istirahat





LAPORAN HASIL OBSERVASI
PENGAMATAN TERHADAP KEGIATAN YANG DILAKUKAN SISWA KELAS 3 DAN KELAS 5 PADA SAAT ISTIRAHAT
DI SD NEGERI 1 MERGASANA

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan IPS SD
Dosen Pengampu:  Drs. Susilo, M. Pd.


Disusun Oleh:
Nama               :           Ulfah Nurul Wahdah
                                    NIM                 :           1401414283
Rombel            :           11
Presensi            :           32



PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2016


KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Allah SWT yang  telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada saya sehingga mampu menyelesaikan tugas mata kuliah Pendidikan IPS SD.
Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dan selalu memberi dukungan, mereka adalah :
1.        Bapak Drs. Susilo, M. Pd., selaku dosen mata kuliah Pendidikan IPS SD yang telah memberikan bimbingan serta arahan dalam mengerjakan laporan ini.
2.        Kedua orang tua saya yang telah memberikan dukungan baik secara moral maupun material sehingga saya bisa menyelesaikan makalah ini.
3.        Teman-teman Rombel 11 yang telah memberikan dukungan serta bantuan.
4.        Semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan laporan ini.
Saya sadar bahwa kesempurnaan hanyalah milik Yang Maha Sempurna, tetapi usaha maksimal telah saya lakukan dalam penulisan laporan ini. Kritik dan saran akan saya terima dengan tangan terbuka. Saya berharap, semoga laporan ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua. Serta dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para mahasiswa Universitas Negeri Semarang.



                                                                                  Penyusun


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ...........................................................................................  i
KATA PENGANTAR ........................................................................................  ii
DAFTAR ISI ......................................................................................................  iii
BAB I PENDAHULUAN ..................................................................................  1
A.      Latar Belakang Masalah ...........................................................................  1
B.       Rumusan Masalah ....................................................................................  1
C.       Tujuan Penulisan ......................................................................................  2
BAB II PELAKSANAAN DAN HASIL OBSERVASI ..................................  3
A.      Pelaksanaan Observasi.............................................................................. 3
B.       Hasil Observasi......................................................................................... 3
BAB IV ANALISIS/PEMBAHASAN OBSERVASI ......................................  4
A.    Analisis Kegiatan Siswa Kelas 3 ...............................................................  4
B.     Analisis Kegiatan Siswa Kelas 5 ...............................................................  6
BAB V PENUTUP .............................................................................................  8
A.      Simpulan ..................................................................................................  8
B.       Saran ........................................................................................................  8
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................  14
LAMPIRAN-LAMPIRAN ...............................................................................  10
 



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.

B.     Rumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.      Apa sajakah kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N 1 Mergasana?
2.      Bagaimana perbedaan-perbedaan kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N 1 Mergasana?
3.      Bagaimana menganalisis salah satu contoh kegiatan yang dilakukan siswa pada saat istirahat sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (KTSP) yang relevan dengan kegiatan tersebut?

C.    Tujuan Penulisan
            Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan penyusunan laporan observasi ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N 1 Mergasana.
2.      Untuk mengetahui perbedaan-perbedaan kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N 1 Mergasana.
3.      Untuk menganalisis salah satu contoh kegiatan yang dilakukan siswa pada saat istirahat sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (KTSP) yang relevan dengan kegiatan tersebut.

4.       
BAB II
PELAKSANAAN DAN HASIL OBSERVASI

A.    Pelaksanaan Observasi
Hari, tanggal               :           Sabtu, 26 Maret 2016
Waktu                         :           09.00 – 09.20 (waktu istirahat)
Nara Sumber               :           Siswa kelas 3 dan kelas 5       
Nama Sekolah             :           SD N 1 Mergasana
Alamat Sekolah           :           Jalan Raya Cucruk Desa Mergasana, Kecamatan
 Kertanegara, Kabupaten Purbalingga

B.     Hasil Observasi
Pengamatan atau observasi dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Maret 2016 pada pukul 09.00-09.20 (waktu istirahat) di SD N 1 Mergasana. Pengamatan atau observasi ini dilaksanakan di kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat. Adapun tujuan dari observasi ini yaitu untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N 1 Mergasana, serta kaitannya dengan Standar Komptensi dan Kompetensi Dasar yang relevan dengan kegiatan tersebut.
Setelah jam istirahat berbunyi, para siswa berhamburan keluar untuk melakukan kegiatan lain. Kegiatan yang dilakukan oleh para siswa sangat beragam. Banyak siswa yang mulai jajan, sebagian ada yang bermain, dan tak setikit juga ada yang belajar dan membaca buku di perpustakaan. Adapun kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 saat istirahat meliputi: membeli jajan, bermain sepeda, berdiskusi. Sedangkan kegiatan yang dilakukan siswa kelas 5 saat istirahat meliputi: membeli jajan, bermain sepakbola, belajar, membaca, dan berdiskusi.



BAB III
ANALISIS/PEMBAHASAN OBSERVASI

A.    Analisis Kegiatan Siswa Kelas 3
Berdasarkan data hasil observasi, telah diketahui bahwa kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 pada saat istirahat di SD N 1 Mergasana meliputi:
1.      Membeli jajan
Setelah jam istirahat berbunyi, para siswa kelas 3 mulai berlarian keluar kelas. Banyak dari mereka yang menuju keluar untuk membeli jajan. Adapun jajan yang mereka beli seperti es, snack atau makanan ringan, siomay, gorengan, dan lain-lain. Dalam hal ini ada beberapa siswa yang setelah membeli jajan, jajanan tersebut langsung dimakan, tanpa duduk terlebih dahulu. Ada juga siswa yang memakan jajannya didepan kelas.
Kegiatan membeli jajan yang dilakukan siswa kelas 3 sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam pembelajaran IPS SD kelas 3 semester 2. Adapun Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang relevan dengan kegiatan tersebut yaitu:
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.      Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
2.3  Memahami kegiatan jual beli di lingkungan sekolah.
2.5  Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan.
Berkaitan dengan pembelajaran IPS SD, dengan melakukan kegiatan seperti jajan, maka siswa dapat memahami kegiatan jual beli yang dilakukan di lingkungan sekolah. Selain itu juga siswa dapat mengenal penggunaan uang sesuai kebutuhan, seperti saat istirahat para siswa memenuhi kebutuhannya untuk jajan.
3.      Berdiskusi
Saat jam istirahat, ada beberapa siswa yang sedang membaca buku dan berdiskusi mengenai buku yang sedang dibaca oleh mereka. Ada pula anak yang lain sedang bekerja sama dengan anak yang lain. Kegiatan berdiskusi dan kerja sama ini sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar di pembelajaran IPS SD.
Adapun Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang relevan dengan kegiatan tersebut yaitu:
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
1.4  Melakukan kerjasama di lingkungan sekolah.
Berkaitan dengan pembelajaran IPS SD, dengan melakukan kegiatan berdiskusi maka siswa dapat mengetahui apa itu kerjasama, apa manfaat dari kerjasama. Dengan melakukan kegiatan tersebut maka dapat mendukung tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar.
4.      Bermain Sepeda
Pada saat istirahat ada pula siswa yang bermain sepeda. Dalam hal ini ada dua anak yang bermain sepeda. Mereka bermain secara bergantian. Saat ada anak yang sedang menjalankan sepeda, anak yang lain memberikan semangat dan dukungan agar anak yang bermain sepeda dapat mengayuh sepedanya dengan lancar dan setelah itu mereka bergantian.
Kegiatan kerja sama ini sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar di pembelajaran IPS SD. Adapun Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang relevan dengan kegiatan tersebut yaitu:
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
1.4  Melakukan kerjasama di lingkungan sekolah.
Dengan melakukan kegiatan kerjasama maka siswa dapat mengetahui apa itu kerjasama, apa manfaat dari kerjasama. Dengan melakukan kegiatan tersebut maka standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam pembelajaran dapat tercapai dengan baik.



B.     Analisis Kegiatan Siswa Kelas 5
Berdasarkan data hasil observasi, telah diketahui bahwa kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 pada saat istirahat di SD N 1 Mergasana meliputi:
1.      Membeli Jajan
Para siswa kelas 5 setelah jam istirahat berbunyi, mereka mulai berhamburan keluar kelas. Beberapa siswa yang menuju keluar untuk membeli jajan. Adapun jajan yang mereka beli seperti es, siomay, gorengan, dan lain-lain. Dalam hal ini ada beberapa siswa kelas 5 sudah mengenali aturan makan dengan baik, yaitu pada saat makan mereka harus duduk.
Kegiatan membeli jajan yang dilakukan siswa kelas 5 ini sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam pembelajaran IPS SD kelas 5 semester 1. Adapun Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang relevan dengan kegiatan tersebut yaitu:
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
1.      Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional  pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
1.5    Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
Dalam pembelajaran IPS SD, dengan melakukan kegiatan seperti membeli jajan, maka siswa dapat mengenal dan memahami jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi yang dilakukan di Indonesia. Dengan melakukan kegiatan tersebut maka standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
2.      Bermain Sepakbola
Pada saat istirahat ada empat siswa yang sedang bermain sepakbola. Mereka bermain dengan sportif dan kerja sama yang baik. Dalam pembelajaran IPS SD kegiatan tersebut tidak relevan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ada dalam pembelajaran IPS SD. Namun, dengan bermain sepakbola, maka akan menumbuhkan nilai kebersamaan, sportivitas, kerjasama, dan pantang menyerah.
3.      Membaca dan Berdiskusi
Saat jam istirahat, ada beberapa siswa yang sedang membaca buku dan berdiskusi mengenai buku yang sedang dibaca oleh mereka di perpustakaan. Meraka sedang berdiskusi mengenai materi tentang pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan atlas dan globe. Kegiatan berdiskusi dan kerja sama ini sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar di pembelajaran IPS SD kelas 5 semester 1.
Adapun Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang relevan dengan kegiatan tersebut yaitu:
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
1.      Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional  pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
1.3  Mengenal  keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
Dalam pembelajaran IPS SD, dengan melakukan kegiatan berdiskusi mengenai materi tentang pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan atlas dan globe, maka siswa dapat menganal dan mengetahui kenampakan alam dan buatan, serta pembagian wilayah waktu di Indonesiadengan menggunakan atlas dan globe. Dengan melakukan kegiatan tersebut maka standar kompetensi dan kompetensi dasar dapat tercapai dengan baik.
BAB V
PENUTUP

A.    Simpulan
1.      Kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 pada saat istirahat di SD N 1 Mergasana meliputi: membeli jajan, bermain sepeda, berdiskusi. Sedangkan kegiatan yang dilakukan siswa kelas 5 di SD N 1 Mergasana saat istirahat meliputi: membeli jajan, bermain sepakbola, belajar, membaca, dan berdiskusi.
2.      Perbedaan-perbedaan kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N 1 Mergasana yaitu pada saat membeli jajan pada siswa kelas 3 sd langsung memakan jajannya, bahkan ada yang sambil jalan., Sedangkan pada siswa kelas 5 mereka memakan jajannya dengan duduk, entah itu duduk didepan kelas maupun duduk ditaman.
3.      Menganalisis salah satu contoh kegiatan yang dilakukan siswa pada saat istirahat sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (KTSP) yang relevan dengan kegiatan tersebut, misalnya membeli jajan. Kegiatan tersebut sesuai dan relevan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar kelas 3 dan kelas 5. Untuk kelas 3 relevan dengan SK: 2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang, serta relevan dengan KD: 2.3  Memahami kegiatan jual beli di lingkungan sekolah dan KD: 2.5  Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan. Untuk kelas 5 relevan dengan SK: Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional  pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia, serta relevan dengan KD: 1.5 Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.

B.     Saran
1.      Sebagai calon guru dengan melihat bagaimana proses pembelajaran IPS di SD yang saat ini dapat dikatakan sedang dalam proses mencapai hasil yang maksimal, hendaknya mempersiapkan diri untuk menjadi guru yang profesional yang mampu mengajar dengan hati bukan hanya mengandalkan kepintaran saja, tapi alangkah lebih tepatnya mengajar dengan hati yang tulus. Untuk mencapainya maka perlu untuk menggeluti dunia pendidikan dengan serius dan selalu mau untuk diajar dan mempunyai keinginan untuk mengubah diri kearah yang lebih baik, karena masa depan bangsa terlebih siswa-siswa SD nantinya menjadi tanggung jawab calon guru saat ini.
2.      Setiap pendidik agar senantiasa melakukan personal–quality control untuk menjamin mutu pengajaran dan pembelajaran sebagai bagian penting kewajiban seorang guru. Penggunaan teori pembelajaran untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas harus melihat pada kondisi-kondisi tertentu, seperti peserta didik, materi pembelajaran, dan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran memberikan makna bagi perubahan perilaku peserta didik. Pembelajaran yang bermakna adalah pembelajaran yang tidak hanya meningkatkan kemapuan kognitif siswa, tetapi juga mampu mendorong perkembangan afektif dan psikomotorik siswa.



LAMPIRAN-LAMPIRAN

0 komentar:

Posting Komentar

 
;